Lembaga Penjaminan Mutu Internal

Sistem penjaminan mutu internal merupakan penetapan dan pemenuhan standar mutu di bidang akademik secara konsisten dalam rangka meningkatkan mutu secara berkelanjutan. Mutu merupakan keterkaitan antara tujuan, masukan, proses, dan keluaran yang merupakan tanggung jawab institusional Sekolah Tinggi. Penjaminan mutu internal meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Penjaminan mutu internal dilaksanakan melalui tahap perencanaan mutu, pemenuhan standar mutu, monitoring dan evaluasi mutu, pelaporan dan tindak lanjut. Penjaminan mutu di STK St. Yakobus Merauke dilaksanakan di tingkat Sekolah Tinggi dan Program Studi. Penilaian mutu dan efisiensi dilakukan secara berkala oleh Lembaga Penjaminan Mutu dan dilaporkan kepada Ketua. Berdasarkan hasil penilaian mutu tersebut, Ketua menetapkan langkah-langkah pembinaan untuk peningkatan mutu dan efisiensi.

Lembaga Penjaminan Mutu Internal menjadi sarana menciptakan suasana atau iklim dan  perangkat jaminan mutu yang senantiasa mengembangkan semangat unggul menuju peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan sesuai dengan visi dan misi STK St. Yakobus Merauke. Lembaga Penjaminan Mutu membantu usaha perguruan tinggi/prodi/unit-unit di STK St. Yakobus Merauke dalam mewujudkan visi dan misinya melalui pemeliharaan dan peningkatan mutu pendidikan secara berkelanjutan. Lembaga Penjaminan Mutu Internal atau disingkat LPMI sesuai dengan statua STK St. Yakobus Merauke bertugas:

  • Mengembangkan perangkat dan panduan penjaminan mutu kegiatan pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat serta kegiatan non akademik yang bersifat umum.
  • Mengkoordinasi pelaksanaan kegiatan penjaminan mutu kegiatan akademik dan non akademik.
  • Memonitor dan mengevaluasi hasil pelaksanaan penjaminan mutu yang dilaksanakan oleh unit-unit kerja serta melaporkannya kepada Ketua.

Sebagai lembaga di bawah Ketua, LPMI berfungsi mengelola proses penjaminan mutu yang diselenggarakan oleh unsur dan unit kerja di STK St. Yakobus Merauke untuk mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan. Unsur pelaksana LPMI terdiri atas ketua lembaga, sekretaris, tenaga ahli, dan tenaga administrasi. Ketua LPMI bertanggung jawab kepada Ketua STK St. Yakobus Merauke.Unsur pelaksana LPM diangkat dan diberhentikan oleh Ketua STK St. Yakobus Merauke. Masa jabatan Ketua Lembaga dan tenaga ahli adalah 4 (empat) tahun yang dapat diangkat kembali  paling banyak 2 (dua) kali masa jabatan berturut turut. 

Dokumen mutu SPMI STK St. Yakobus Merauke dapat didownload di sini.